Jumat, 01 Juli 2011

0 Psikologi Pendidikan



Aktivitas sifat-sifat umum manusia…..
A.      Perhatian
Definisi perhatian oleh ahli psikologi ada 2 macam  :
1.       Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju kepada objek,, strm 19850
Maksudnya materii yang disampaikan
-          Siswa memperhatikan pembelajaran
2.       Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai  sesuatu aktivitas yang dilakukan
-          Mahasiswa kurang memperhatikan pembelajaran dari dosen..
Macam-macam perhatian
a.       Atas dasar intensitas ( berkali-kali) banyak sedikitnya kesadaran yang meyertai sesuatu aktivitas atau pengalaman batin.
b.      Atas dasar cara timbulnya perhatian spontan ( perhatian tidak sengaja) sekehandak refleksi ( perhatian disengaja)
c.       Atas dasar luasnya objek yang dikenali perhatian dan dibagi 2 pehatian terpencar dan terpusat

B.      Pengamatan..
Pengamatan mencakup :
1.       Penglihatan                : Modalitas pengamatan yang pertama secara luas adalah penglihatan menurut objeknya penglihatan dibagi 3 yaitu melihat bentuk  (benda), melihat dalam( watak) dan melihat warna (nilai sikap).
2.       Pendengaran             : menangkap bunyi-bunyi ( suara) dengan indera pendengar .pendengaran dan suara itu memelihara komunikasi vocal antara mahluk yang satu dengan lainnya.
3.       Rabaan                         : a) meraba yaitu perbuatan aktif yang meliputi juga indera keseimbangan kinestesi (gerakan) dan b) pengalaman raba secara pasif yang melingkupi pula beberapa indera atau kemampuan lain yaitu indera untuk sentuh dan tekanan indera untuk mengamati panas (Suhu ), indera untuk mengamati dingin , indera untuk merasakan sakit (perasaan) dan indera untuk getaran
4.       Penciuman (hidung) indera yang dapat mendeteksi macam-macam bau tertentu sehingga dapat berpengaruh pada aktivitas yang dilakukan subjek (pelaku)

C.      Tanggapan dan Variasinya
-          Tanggapan sebagai bayangan yang tinggal dalam ingatan setelah kita melakukan pengamatan (bigot)
-          Menanggap adalah melakukan kembali sesuatu perbuatan perbuatan atau melakukan sebelummnya sesuatu perbuatan tanpa hadirnya objek fungsi primer (pokok) yang merupakan dasar dari modalitas tanggapan itu

Ada 3 macam tanggapan
1.       Tanggapan masa lampau tanggapan ingatan
2.       Tanggapan masa datang atau tanggapan mengantisipasikan
3.       Tanggapan masa kini atau tanggapan representatif (tanggapan mengimajinasikan)


D.      Fantasi :  fantasi sebagai daya untuk membentuk tanggapan-tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan-tanggapan yang sudah ada dan tanggapan baru itu tidak sesuai dengan benda-benda yang ada.
Macam-macam fantasi
a.       Fantasi tak disadari adalah fantasi yang yang terjadi dengan tak disengaja, jadi orang melampui dunia riil dengan tak disengaja hal ini banyak terjadi pada anak-anak (kahayalan)
b.      Fantasi yang disadari yaitu fantasi yang terjadinya dengan disengaja dan ada usaha dari sunjek untuk masuk kedunia imajinasi

E.       Ingatan
Ingatan sebagaii kecakapan untuk menerima untuk menerima meyimpan dan meproduksi kesan-kesan.
Ada 3 aspek dalam berfungsinya ingatan:
1.       Mencamkan : menerima kesan-kesan
2.       Menyimpan kesan-kesan
3.       Memproduksi kesan-kesan

F.        Berpikir
Beberapa pendapat tentang berpikir :
1.       Berpikir adalah aktivitas, jadi subjek yang berpikir aktif.
2.       Aktivitas itu sifatnya ideasional, jadi bukan sensasi dan bukan motoris, walaupun itu mempergunakan abstraksi-abstaksi “ Ideas “.

Selanjutnya ada pendapat yang menekankan bahwa berpikir itu adalah meletakkan hubungan antara bagian-bagian pengetahuan kita. Bagian-bagian pengetahuan kita adalah segala sesuatu yang telah kita miliki yang berupa pengertian-pengertaian dan dalam batas tertentu juga tanggapan-tanggapan

Proses berpikir meliputi :pembentukan , pengertian pembentukan pendapat dan penarikan kesimpulan

G.     Perasaan
Perasaan didefinisikan sebagai gejala psikis yang bersifat yang umumya berhubungan dengan gejala-gejala mengenal , dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai taraf.
Perasaan dapat timbul karena mengamati, menanggap, mengkhayalkan, mengingat-ngingat atau memikirkan sesuatu.

-          Perasaan social adalah perasaan untuk hidup bermasyarakat dengan sesama manusia untuk bergaul , tolong ,menolong dll
-          Perasaan harga diri
-          Perasaan keagamaan yaitu perasaan yang bersangkut paut dengan kepercayaan tentang adanya yang maha kuasa

Macam –macam perasaan
-          Perasaan Jasmaniah (rendah)
Perasaan Indi iah yaitu perasaan yang berhubungan dengan perangsangan terhadap panca indera seperti sedap-manis-asin dan pahit
Perasaan Vital perasan yang berhubungan dengan keadaan jasmani

-          Perasaan Rohaniah
-          Perasaan Interlektual bersangkutan dengan pikiran
-          Perasaan kesusilaan perasaan baik buruk
-          Perasaan keindahan sesuatu yang indah dan tidak indah
H.      Motif-Motif
Motif adalah keadaan dalam pribadi orang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan..

SIFAT –SIFAT KHAS KEPERIBADIAN MANUSIA
Beberapa teori kepribadian
1.       Psikonalisis Teori : Sigmund Freund
Teori Kepribadian freud dapat diiktisarkan dalam rangka struktur dinamika dan perkembanfgan kepribadian
a.       Struktur Kepribadian
Menurut Freud Kepribadian itu terdiri atas 3 sistem atau aspek-aspek :
-          Das es ( The ID) yaitu aspek Biologis
-          Das ich ( The ego ) yaitu Aspek Psikologis
-          Das Veber ( The super Ego ) aspek Sosiologis
Das es atau Aspek Biologis daripada kepribadian ini adalah orisisnil  dari aspek inilah kedua aspek diasalkan
Das es berfungsi : dengan berpegang kepada Prinsip “kenikmatan
Yang mencari keenakan untuk menghilangkan ketidakenakan itu Das es mempunyai 2 cara yaitu:
A.      Reflex dan reaksi –reaksi otomatis seperti misalnya bersin-berkedip
B.      Proses primer sepeti misalnya kalau orang lapar lalu membayangkan makanan
Dach ich ini timbul dari kebutuhan organism yang dapat berhubungan dengan dunia luar secara Realistik
Dach ich berfungsi dengan berpegang kepada prinsip realita tujuannya mendapatkan keenakkan sesuai dengan dunia riil
Das veber ich merupakan wakil nilai –nilai tradisional serta cita-cita masyarakat sebagaimana ditafsirkan orang tua kepada anak-anak nya yang diajarkan dengan perintah dan larangan
Dach verber merupakan hal-hal yang ideal fungsinya yang terutama ialah menentukan susila atau tidak susila,,,

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy