Kamis, 14 Juli 2011

0 Contoh Format RPP SAINS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran                      : SAINS
Kelas/Semester                      : IV/II
Pertemuan Ke                       :
Alokasi Waktu                       :
Standar Kompetensi   : 9.   Memahami berbagai bentuk energy dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar       : 9.1 Mendekripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
Indikator                     :       -   Menyebutkan sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda dan matahari
                                       -   Mendemonstrasikan adanya perpindahan energy panas.
                                       -   Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
                                       -   Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
                                       -   Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
I.  Tujuan Pembelajaran
-          Menyebutkan sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda dan matahari
-          Mendemonstrasikan adanya perpindahan energy panas.
-          Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
-          Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
-          Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
II. Materi Ajar
            Energi panas dan energi bunyi
III. Metode Pembelajaran
                                      Pembelajaran Langsung, Tanya Jawab, Penugasan, Praktikum, Demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.           Kegiatan Awal
-       Presensi
-       Menginformasikan materi yang akan dipelajari
-       Membagi siswa ke dalam dua kelompok dan menjelaskan tugasnya masing-masing
B.  Kegiatan Inti      
Pertemuan I
-       Menjelaskan materi tentang “Energi panas” sambil tanya jawab
-       KLP A : Menyelesaikan tugas 9.1 hal. 144 (terlampir)
-       KLP B : berdiskusi tentang beberapa macam sumber energi panas berdasarkan pengamatannya sehari-hari
Pertemuan II
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Perpindahan panas” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.1 hal. 144 tentang “Mengamati Perpindahan Panas” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
Pertemuan III
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Energi bunyi” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.2 hal. 146 tentang “Getaran menghasilkan  bunyi” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
Pertemuan IV
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Alat musik sebagai sumber bunyi” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.3 hal. 148 tentang “Mengamati bunyi garpu tala” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.



    Pertemuan V
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Tinggi rendahnya bunyi” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.4 hal. 149 tentang “Mengetahui tinggi rendahnya bunyi” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
Pertemuan VI
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Perambatan bunyi” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.5 dan 9. 6 hal. 151 – 152 tentang “Perambatan bunyi pada benang dan meja” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
           Pertemuan VII
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Perambatan bunyi pada benda cair” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.7 hal. 153 tentang “Perambatan bunyi pada air” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
           Pertemuan VIII
-       Mengingatkan kembali materi sebelumnya
-       Menjelaskan materi tentang “Perambatan bunyi pada benda gas” sambil tanya jawab
-       KLP A dan KLP B : Melakukan kegiatan 9.8 hal. 153 tentang “Perambatan bunyi pada udara” (terlampir)
-       Mencatat hasil kegiatan dan mendiskusikannya bersama-sama.
          
C. Kegiatan Akhir
-       Tanya Jawab dan membuat kesimpulan dari materi
-       Penilaian



D. Alat/Bahan/sumber Belajar
-         Buku paket “Yudhistira’
-         Buku paket “ Paltinum”
-         Lilin, korek api, kawat, penjepit kayu, cawan, karet gelang, garpu tala, botol kosong, air, benang, kotak korek api, meja, ember besar, batu.
E.  Penilaian
-          Tes tertulis : Lembar hasil kegiatan siswa
-          Aktivitas : Kemampuan melakukan kegiatan dengan tepat.

                                                                                                        Makassar,                2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                          Koord. kurikulum                           Guru SAINS


Harianti Tahera, S.Sos             Nuraeni, S.Pd                 Andi Hasriani, S.Pd, M.Si

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy