Senin, 27 Februari 2012

1 Kesehatan Mata

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Kinclong.

Mengenal Problem Kesehatan Mata dan Solusi…yuk bahas atu atu:

1. Mata Kering / Mata Merah.

Penyebab:  Selaput mata mongering dikarenakan oleh factor usia, menatap monitor computer dalam waktu yang lama, atau pengaruh ketinggian.

Solusi : Penggunaan tetes mata bisa dijadikan solusinya. karena menurut Ken Daum, professor Mata dari universitas Alabama tidak masalah menggunakan  tetes mata untuk mengatasi mata kering atau merah asal jangan sembarangan memilih tetes mata karena terkadang jika efek dari tetes mata habis mata akan cenderung lebih merah dari sebelumnya. Gunakan obat tetes mata yang alami atau mencuci muka dengan air bersih dan istirahat sejenak.

2. Pandangan tidak focus

Penyebab : stress atau kelelahan dapat mengganggu otot-otot mata sehingga lensa mata anda menjadi tidak focus.

Solusi : Latihan untuk menjaga kesehatan mata; luruskan tangan anda kedepan dengan dua jari membentuk huruf v, seperti kita mengucap “peace, Man” dengan gerakan jari. Kemudian coba melirik ke sudut ruangan kiri kanan dan jari V adan sebagai jari tengah selama 5-10 kali.

    “ ini akan membantu menjaga flexibilitas dari jaringan otot yang mengelili lensa mata dan mengotrol focus”

Cara lain adalah. Lihat titik lurus ke depan, tanpa menggerakan mata. cobalah dengan beberapa titik focus berulang ulang.

3. Reflek Mata Melambat.

Penyebab: Kesalahan tidak terjadi di mata anda, tapi pada otak yang meresponse sedikit agak lambat dikarenakan beberapa hal.

Solusi: Tulis angka setinggi satu inchi pada bola tenis, gantung bola tennis dan minta tolong seorang teman untuk melempar bola tennis dengan kecepatan dan jarak yang berbeda, cobalah untuk membaca angka yang tertera dalam bola tennis. Hal ini akan melatih otak untuk menggerakan saraf sensorik yang berhubungan dengan mata, cara ini sama seperti melatih jari saat belajar piano.

4.Double Vision/Pandangan Ganda.

Penyebab: Mata lelah dapat menyebabkan  focus menjadi tidak terarah dan membuat object yang kita lihat menjadi kabur atau ganda.

Solusi:  ambil pencil letakan pada sebuah buku, pegang pensil diatas buku pada posisi vertical dan focuslah pada tulisan pada buku kemudian berlahan-lahan dekatkan  pensil  kemata anda. Latihan ini biasanya digunakan pada penderita rabun dekat untuk menjaga agar mata tetap focus dengan benar. Lakukan latihan ini selama 10 kali sehari selama 2-3 minggu.

5. Bintitan.

Penyebab: kata orang karena suka mengintip anak perawan yang lagi mandi..hahahhaaha…

Bukan itu sebenernya.  Kelopak mata memiliki kelenjar-kelenjar kecil yang atau disebut saluran air mata. Jika tersumbat, sebuah anda menimbulkan penumpukan yang lumayan sakit dan akhirnya terbentuklah apa yang sering kita sebut bintitan.

Solusi: Kelopak mata sangatlah penting oleh sebab itu jagalah agar mata senantiasa bersih. Nah kalo dah bintitan solusinya gimana? Solusinya adalah bersihkan secara hati-hati menggunakan waslap hangat dan shampoo bayi,  ini akan mengurangi kotoran menyumbat  yang ada disekitar mata dan kelenjar dekat alis.

6.  Kecolok.

Saya sebenernya bingung nulisnya..kecolok itu bahasa Indonesia apa yah..kalo bahasa inggrisnya scratched eye…atau apalah namanya yang gampang jadi maaf saya taunya kecolok…

Penyebab: Yang jelas tidak sengaja, kurang hati-hati atau mungkin anda ingin menjadi wolverine atau captain hook yang punya tangan besi tajam…hehehhee

Solusi : jika “kecolok” biasanya akan mengenai kornea mata, dan bakteri yang ada dalam kelopak mata akan masuk kemata yang menyebabkan mata menjadi merah, tutup mata sekitar 10-15 menit. Jika mati terasa sakit, ke merah merahan atau pandangan menjadi kabur…solusinya adalah segera ke dokter mata terdekat.

Kata embah saya mata adalah obor dunia, menjaga kesehatan mata saatnya penting sepenting berbagi pengetahuan dengan sesama, jika anda merasa tips kesehatan ini bermanfaat anda bisa share ke teman, keluarga, pacar juga boleh….

Salam..

Tetap sehat.

NB: Article ini BOLEH dicopas siapa saja….

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy