Rabu, 15 Juni 2011

0 Malam Puncak Gerhana Bulan 16 Juni 2011

Makassar,, Gerhana bulan terlama sepanjang sejarah kamis 16 juni 2011

Gerhana yang terjadi tahun 2011 ini sangat perfect gerhana yang panjang dan bisa dilihat kasat mata oleh mahluk bumi... sungguh kejadian yang jarang terjadi dapat disaksikan dihampir seluruh bagian wailayah indonesia..
dilihat dari wilayah Sulawesi tepatnya kota makassar gerhana yang terjadi begitu Amazing.. sayang ditinggalkan untuk tidur,, seperti penulis malam ini bergadang lagi sambil menyaksikan gerhana bulan terjadi...

gerhana bulan total ini wow amazing....
3.21 warna gerhana bulan ini sudah begitu nampak indah sekali..
kemerahan ,,, gerhana bulan ini  diperkirakan sekitar 100 menit..
Menariknya, gerhana bulan kali ini akan membuat bulan tampak ‘berdarah’. “Proses bulan berwarna merah secara perlahan bisa dilihat mulai 02.22 WIB di arah timur. Dominan warna merah bisa disaksikan pada 03.30 WITA
lama gerhana bulan total memang bergantung pada jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi, dan  jarak bulan terhadap bumi.

Warna merah dipengaruhi kualitas udara, terutama jika kondisi atmosfer berdebu karena abu gunung api. Hal ini bisa membuat bulan berwarna merah."
Sebuah gerhana bulan terjadi ketika bulan lewat di belakang bumi, sehingga bumi blok sinar matahari dari bulan mencolok. Hal ini dapat terjadi hanya ketika Matahari , Bumi , dan bulan sejajar persis, atau sangat erat sehingga, dengan Bumi di tengah. Oleh karena itu, selalu ada bulan purnama pada malam gerhana bulan. Jenis dan panjang suatu gerhana tergantung pada lokasi Bulan relatif terhadap yang node orbit .

Jenis gerhana bulan


Bayangan Bumi dapat dibagi menjadi dua bagian yang berbeda: yang umbra dan penumbra . Dalam umbra, tidak ada radiasi matahari langsung. Namun, sebagai akibat dari ukuran besar sudut Matahari, pencahayaan surya hanya sebagian diblokir di bagian luar bayangan bumi, yang diberi nama penumbra. Sebuah gerhana penumbra terjadi ketika Bulan melewati penumbra Bumi. Penumbra menyebabkan halus penggelapan dari permukaan Bulan. Jenis khusus dari gerhana penumbra adalah gerhana penumbra total , di mana Bulan terletak secara eksklusif dalam penumbra Bumi. Gerhana penumbra total langka, dan ketika ini terjadi, bahwa bagian Bulan yang paling dekat dengan umbra dapat muncul agak lebih gelap dari sisa Bulan.
Sebuah gerhana bulan parsial terjadi ketika hanya sebagian Bulan memasuki umbra. Saat bulan perjalanan sepenuhnya ke umbra Bumi, salah satu mengamati gerhana bulan total. Kecepatan Bulan melalui bayangan adalah sekitar satu kilometer per detik (2.300 mph ), dan totalitas dapat berlangsung hingga hampir 107 menit. Namun demikian, total waktu antara kontak Bulan pertama dan terakhir dengan bayangan yang lebih lama, dan bisa bertahan hingga 4 jam. [2] Jarak relatif Bulan dari Bumi pada saat gerhana dapat mempengaruhi durasi gerhana . Secara khusus, saat Bulan sudah dekat nya puncaknya , titik terjauh dari Bumi di orbit, kecepatan orbital adalah paling lambat. Diameter umbra tidak menurun lumayan dalam perubahan dalam jarak orbit bulan. Jadi, benar-benar melampaui yang terjadi di dekat puncak bulan akan memperpanjang durasi totalitas.
Waktu gerhana bulan total ditentukan oleh kontaknya [3] :
P1 (kontak pertama): Awal gerhana penumbra. Penumbra Bumi membuat kontak dengan ekstremitas luar Bulan.
U1 (kontak Kedua): Awal gerhana parsial. Umbra Bumi menyentuh tungkai luar Bulan.
U2 (kontak Ketiga): Awal gerhana total. Bulan ini terletak benar-benar dalam umbra Bumi.
Greatest eclipse: Tahap puncak gerhana total. Bulan adalah pada terdekat untuk pusat umbra.
U3 (kontak Keempat): Akhir gerhana total. Bulan luar tungkai keluar umbra Bumi.
U4 (Kelima kontak): Akhir gerhana parsial. Umbra Bumi meninggalkan permukaan Bulan.
 P2 (kontak Keenam): Akhir gerhana penumbra. Bayangan Bumi tidak lagi membuat kontak dengan Bulan.
 

peristiwa gerhana bulan



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy