Selasa, 14 Juni 2011

5 Gerhana Bulan

Fenomena Spektakuler Gerhana Bulan, 16 Juni 2011  Gerhana bulan pada umumnya terjadi pada malam hari. Namun gerhana bulan yang akan terjadi pada tanggal 16 Juni ini sangat fenomenal, terjadi menjelang pagi hari. Gerhana bulan ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia mulai pukul 01.25 sampai 05.00 WIB.

Menurut Hakim L. Malasan, Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, dikatakan sebagai fenomena spektakuler karena proses terjadinya gerhana sangat panjang dan lama. Termasuk pula akan memperlihatkan warna-warna yang menarik. Jadi sinar matahari akan memberikan seberkas sinarnya pada bulan, sehingga bulan tidak akan terlihat seperti bola hitam di langit. Bulan akan terlihat dengan sinar redup kemerahan akibat dari polusi di atmosfir.

 Gerhana bulan ini akan dipantau pula dari observatorium di Aceh, Mataram, Yogyakarta, Pameungpeuk dan Pakanbaru. Masing-masing observatorium akan mengambil gerhana bulan kemudian menyirakannya melalui internet. Gerhana bulan ini juga menjadi ajang uji-coba video streaming oleh pemerintah, termasuk pula uji coba perhitungan penetapan memasuki bulan Ramadhan.

Gerhana bulan juga akan terjadi di akhir tahun ini tepatnya pada tanggal 10 Desember. Gerhana bulan ini tidak sespektakuler yang terjadi di tanggal 16 Juni. Gerhana bulan ini hanya seperti gerhana bulan pada umumnya.

http://modelmagz.com/news/latest-news/fenomena-spektakuler-gerhana-bulan,-16-juni-2011.html

5 komentar:

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy