Selasa, 21 Juni 2011

0 Contoh RPP dan Format Penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Identitas
Mata Pelajaran          : Pengetahuan Alam
Kelas/semester          : IV/1
Pertemuan ke            : 1
Alokasi Waktu          : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Kompetensi Dasar     : 3.1 Mengidentifikasijenis makanan hewan
Indikator                   : - menyebutkan jenis-jenis makanan hewan
                                          - mengidentifikasi makanan hewan
                                          - menggolongkan makanan hewan

B. Tujuan Pembelajaran
1.    Menyebutkan jenis-jenis makanan baik hewan yang hidup di darat dan di air
2.    mengidentifikasi jenis makanan hewan yang ada di sekitarnya atau yang dilihatnya pada multimedia
3.    Membandingkan pengalaman langsung dan melalui audio. Mengamati jenis hewan dan makanannya.
4.    Mengidentifikasi  bentuk gigi hewan sesuai dengan makanannya

C. Materi Pokok : Jenis-jenis makanan hewan
1. Jenis-jenis makanan hewan yang hidup di darat
2. Jenis-jenis makanan hewan yang hidup di air

D. Metode Pembelajaran
§  informasi
§  pemberian tugas
§  demonstrasi
§  inkuiri

E. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.      Mengulang sepintas materi yang lalu yang berhubungan dengan kebutuhan makanan pada hewan.
2.      Tanya jawab tentang jenis-jenis makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati jenis-jenis hewan dan makanannya dilingkungan sekitar atau mengunjungi kebun binatang
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menggunakan audio dan gambar-gambar hewan yang hidup di darat dan diair untuk mengetahui jenis-jenis makanan hewan
3.      Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada lembar kerja
4.      Siswa mengidentifikasi jenis makanan hewan yang ada di sekitar atau yang dilihat di audio
5.      Siswa mengelompokkan jenis-jenis makanan hewan, yaitu jenis makanan dari tumbuhan dan dari hewan
6.      Siswa membuat kartu rantai makanan
7.      Siswa berdiskusi membahas tentang rantai makanan
8.      Siswa mengelompokkan gigi hewan dan jenis makanannya.
9.      Siswa menuliskan pengamatannya pada lembar kerja.
10.  Siswa mengamati membuat laporan tentang mengidentifikasi jenis makanan hewan.
11.  Siswa menggambar bentuk gigi hewan dan jenis makanannya

Kegiatan Akhir
1.      Siswa mengerjakan latihan soal jenis hewan dan makanannya
2.      Siswa melakukan tanya jawab tentang jenis hewan dan makanannya
3.      Guru memberikan penguatan tentang jenis-jenis makanan hewan baik hewan yang hidup di darat dan diair.
4.      Guru memberikan penilaian

F. Sumber Belajar
·     Buku pelajaran
·     Buku cerita
·     Audio
·     Poster
·     Karton
·     Alat-alat tulis
·     gunting

G. Penilaian
·     Pengamatan
·     Tes lisan
·     Tes tertulis
·     Penilaian produk
·     Penilaian Performance unjuk kerja

Latihan 1

Amati hewan-hewan di sekitarmu!
Bagaimana hewan itu memperoleh makanan?
Diskusikan dengan kelompokmu.
Isilah tabel berikut ini sesuai dengan pengamatanmu!
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


Kesimpulan :
Hewan yang hidup didarat contohnya ......makanannya......
Hewan yang hidup di air misalnya ........makanannya.............
Hewan memerlukan makanan karena .................

Latihan 2
Amati hewan-hewan di sekitarmu!
Apakah ada hewan yang hidup didarat
Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang jenis makanan hewan itu.
Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



Hewan yang hidup didarat contohnya ...........................
Hewan yang hidup di darat makanannya ........ .............

Latihan 3

Amati hewan-hewan yang ada di sekitarmu!
Apakah ada hewan yang hidup di air?
Diskusikan dengan temanmu tentang jenis makanan hewan itu!
Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1


2


3


4


5



Hewan yang hidup di air contohnya ...... ......
Makanan hewan yang hidup di air ialah................................

Latihan 4

-       Amati hewan-hewan yang ada disekitarmu bersama kelompokmu.
-       Tiap kelompok beranggotakan 3-4 orang.
-       Diskusikan bersama kelompokmu tentang asal makanan hewan. yaitu jenis makanan dari hewan dan jenis makanan dari tumbuhan.
-       Tuliskan hasil pengamatanmu pada table berikut ini


Hewan yang hidup didarat
Hewan yang hidup di air
No
Nama hewan
Jenis makanan
No
Nama hewan
Jenis makanan
Tumbuhan
hewan
Tumbuhan
hewan
1







2







3







4







5








Kesimpulan :
Hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan ialah......................
Hewan yang makannya berasal dari hewan adalah.........................


Mengetahui:                                     Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah...................,



.....................................           ....................................
NIP.                                                 NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     :  SMP
Mata Pelajaran     :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester   :  I/1
Alokasi waktu     : 10 jam
Tujuan                 : Siswa dapat berinteraksi secara lisan dalam bahasa Inggris terutama dalam hal perkenalan diri dan orang lain, sapaan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf

SK dan KD
Listening-Speaking
Siswa dapat berinteraksi secara interpersonal sangat sederhana dengan lingkungan terdekat, terutama dalam
-          Perkenalan diri/orang lain
-          sapaan
-          ucapan terima kasih
-          permintaan maaf

Indikator
-          Siswa terbiasa menyapa orang lain dengan ungkapan yang benar dalam bahasa Inggris sesuai dengan waktu dan orang yang diajak bicara.
-          Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga inti dan terdekat, dengan ungkapan seperti ‘This is my father. This one is my mother.
-          Siswa dapat menyebutkan nama benda-benda yang ada di rumahnya dengan ungkapan seperti: ‘I have a big bed, my living room is small but nice.’, dengan ucapan dan tata bahasa yang benar.

Materi Ajar
Tema: My Family
Sub-Tema:
-          Family Life
-          Identity
-          Home Environment


Metode Pembelajaran

Family Life:
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Mengamati model interaksi interpersonal yang diperagakan oleh guru atau teman

PR: menghafal secara lisan model percakapan pendek tertulis yang diberikan guru

Siswa membiasakan diri untuk menyapa, meminta maaf, berterimakasih kepada guru dan teman dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan yang tepat, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris


Identity
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Mengamati model cara menyebutkan hubungan keluarga dalam keluarga inti dan keluarga terdekat
PR: menyebutkan orang-orang dan hubungan keluarga dalam keluarga inti dan keluarga terdekat: diri sendiri, teman, saudara, dsb.
Berlatih secara terus menerus menyebutkan hubungan keluarga antar orang-orang yang ada di sekitarnya atau siapa saja yang diketahui.


Home Environment
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Mengamati model cara mengucapkan nama-nama benda
PR: menghafal nama benda-benda yang sudah dipelajari sebelumnya dengan ucapan yang benar
Dengan bekerja sama dengan teman-temannya dan bantuan guru, orang tua atau orang lain di sekitarnya (jika ada), berusaha mendapatkan nama-nama dalam bahasa Inggris berbagai benda lain yang terdapat di rumahnya dan lingkungan sekitarnya.


Alat dan Sumber Belajar

Family Life
-          Ucapan-ucapan guru ketika mengajar dengan bahasa Inggris
-          Contoh-contoh teks fungsional pendek tertulis dari buku teks atau sumber-sumber lain

Identity
-          Gambar
-          Orang-orang dalam keluarga inti dan keluarga dekat siswa

Home Environment
-          Ucapan-ucapan guru ketika mengajar dengan bahasa Inggris
-          Contoh-contoh teks fungsional pendek tertulis dari buku teks atau sumber-sumber lain

Penilaian
Aspek yang dinilai
Mendengarkan/Berbicara:
-          Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
-          Penggunaan ungkapan
-          Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
-          sikap
Membaca Pemahaman:
-          Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
Membaca nyaring:
-          Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
-          Sikap
Menulis:
-          Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
-          Ejaan, tanda baca, tulisan tangan

Cara penilaian:
-          Tes lisan/tertulis
-          Observasi kelas
-          Penilaian guru
-          Penilaian teman
-          Penilaian diri
-          Portofolio.


Contoh Rubrik Penilaian


Format Penilaian ‘Retelling Story’
(Menggunakan Skala Penilaian)

Nama Siswa: ________                               Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai


1
2
3
4
1.
Content




2.
Fluency




3.
Language





a. Pronunciation and intonation





b. Grammar





c. Vocabulary




4.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)




Jumlah




Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten

Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy