KIAT menghidupkan MODUL ONLINE menjadi lebih HIDUP
UwesA. Chaeruman
Modul?
- Membelajarkan diri(self-instruction):
*panduan belajar, tujuan, uraian materi, contoh,
latihan, tugas, rangkuman, self-assessment, tes
*panduan belajar, tujuan, uraian materi, contoh,
latihan, tugas, rangkuman, self-assessment, tes
- Sepenggal demi sepenggal(chunking), tapi dalam dan utuh(self-contained).
-Format: cetak
Dirancang khusus untuk belajar mandiri
Dirancang khusus untuk belajar mandiri
Modul Online
-Modul yang dapat diakses melalui jaringan komputer (internet/intranet).
-Mengoptimalkan potensi komputer dan internet
-Multimedia: Teks, Gambar, Animasi, Simulasi, Audio, Video, dll.
-Interaktivitas: Hypertext, Hyperlink, Hypermedia,
- Format: digital
Judul
KESAN PERTAMA, BEGITU MENGGODA. SELANJUTNYA TERSERAH PEMBACA …!
Coba Kita Bandingkan?
| ||||||||||
Dalam dunia maya, kesan pertama yang tidak menarik dan menantang, membuat pengguna lari dalam hitungan detik… APPERSEPSI BAWA DUNIA MEREKA KE DUNIA KITA! Appersepsi –menghubungkan apa yang akan mereka pelajari dengan sesuatu yang kita anggap sudah terpatri dalam memori/pengalaman siswa;dan kontekstual. Dinyatakan dengan bahasa yang menantang dan agak sedikit provokatif dalam arti positif; Kapan dipakai? Sebelum memulai uraian materi ... Contoh
Uraian yang Komunikatif
| ||||||||||
Optimalisasi Multimedia Padukan secara tepat guna kombinasi antara: •Teks •Gambar/Foto/Diagram •Gambargerak(Animasi) •Audio (Suara, Musik, Sound Effect, dll) •Video •Simulasi Contoh -Penjelasan cara kerja jantung akan lebih baik mengkombinasikan antara teks dan animasi, dari pada sekedar teks dan gambar. -Penjelasan contoh perhitungan gerak lurus berubah beraturan akan lebih baik mengkombinasikan antara teks, contoh dalam bentuk animasi dan perhitungan dengan simulasi daripada hanya teks dan animasi saja. -Penjelasan konsep pasar akan lebih baik jika mengkombinasikan antara teks yang ditunjang dengan video transaksi jualbeli Latihan, Tes dan Umpan Balik -PRACTICE MAKE PERPECT! Keberadaan latihan dan tes adalah mutlak dalam Modul Online -Latihan dan tes, sebaiknya variatif tidak hanya dalam bentuk tes obyektif, tapi juga dalam bentuk game atau simulasi, randomized. -Umpan balik sebaiknya bersifat korektif, memberikan alasan kenapa benar kenapa salah; -Hindari umpan balik dengan kalimat negatif Buatlebihinteraktif! •Optimalkan Hyper … •Hypertext –lompat darisatu text ke text lain yg relevan •Hyperlink –lompat dari satu link ke link lain yang relevan •Hypermedia –lompat dari satu media ke media lain yang relevan •Jika memungkinkan perbanyak games dan simulasi •Dalam uraian, ajak siswa berpikir terlebih dahulu, sebelum menjelaskan. •Dalam latihan/tes, berikan umpan balik korektif. •Dalam uraian/penjelasan, mulai dengan pertanyaan (resiprok), seperti, ”Tahukah Anda ....?”, ”Mengapa ...?”, dan lain-lain. •Gunakan navigasi yang jelas dan konsisten. Catatan Akhir SK3&G S –Sesuai(Relevant) K –Kreatif(Creative) K –Kreatif(Creative) K –Kreatif(Creative) dan G –Gila(Genius) Not the End … Technology is not the end. It’s a mean to meet the end. This lecture is not the end. It’s a amean for us to meet the end. Terima Kasih Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional |
0 komentar:
Posting Komentar