Kamis, 16 Juni 2011

0 KIAT menghidupkan MODUL ONLINE menjadi lebih HIDUP

KIAT  menghidupkan MODUL ONLINE menjadi lebih HIDUP 
UwesA. Chaeruman


Modul?
- Membelajarkan diri(self-instruction):
      *panduan belajar, tujuan, uraian materi, contoh, 

latihan, tugas, rangkuman, self-assessment, tes
- Sepenggal demi sepenggal(chunking), tapi dalam dan utuh(self-contained).
-Format: cetak
Dirancang khusus untuk belajar mandiri

Modul Online
-Modul yang dapat diakses melalui jaringan komputer (internet/intranet).
-Mengoptimalkan potensi komputer dan internet
        -Multimedia: Teks, Gambar, Animasi, Simulasi, Audio, Video, dll.
        -Interaktivitas: Hypertext, Hyperlink, Hypermedia,
- Format: digital 

Judul
KESAN PERTAMA, BEGITU MENGGODA. SELANJUTNYA TERSERAH PEMBACA …!

Coba Kita Bandingkan?
Contoh Kurang Baik
Contoh yang Baik
TATA SURYA
SEPERTI  APAKAH KEADAAN DI LUAR ANGKASA?
BIAYA ,PENERIMAAN DAN RUGI/LABA
CARA MUDAH MENGHITUNG RUGI LABA
INTEGRAL
MENGHITUNG LUAS BENTUK TIDAK BERATURAN





Dalam dunia maya, kesan pertama yang tidak menarik dan menantang, membuat
 pengguna lari dalam hitungan detik…

APPERSEPSI
BAWA DUNIA MEREKA KE DUNIA KITA!

Appersepsi –menghubungkan apa yang akan mereka 
pelajari dengan sesuatu yang kita anggap sudah 
terpatri dalam memori/pengalaman siswa;dan kontekstual.
 
Dinyatakan dengan bahasa yang menantang
    dan agak sedikit provokatif dalam arti positif;
 
Kapan dipakai? Sebelum memulai uraian materi ...
Contoh
Contoh Apersepsi yang Kurang Baik
Contoh Apersepsi yang Baik
Selamat datang dalam modul fisika. Dalam modul ini, kamu akan mempelajari tentang tumbukan…. Dst.
Anda tentu pernah bermain bola basket.Bagaimana bola basket dapat memantul dengan sempurna? Begitu pula halnya dengan bola volley ataubola sepak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Topik ini akan membahas tuntas pertanyaan tersebut. … dst
   Uraian yang Komunikatif
Modul online adalah salah satu bahan belajar dalam e-dukasi.net yang dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan siswa dapat mempelajarinya secara mandiri dengan bantuan yang minimal dari guru atau orang lain.
Bahkan tanpa bantuan sama sekali atau belajar sendiri.
Oleh karena itu, uraianmateri, harus bersikap seolah-olah sedang berkomunikasi dengan siswa.


Contoh yang Kurang Baik
Contoh yang Baik
Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk proses produksi yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN BIAYA?
Jika kita ingin sesuatu, perlukah kita berusaha memperolehnya? Tentu perlu bukan! Jika usaha yang kita perlukan disebut pengorbanan dan kita beri satuan untuk setiap pengorbanan tersebut dengan satuan uang sebesar harga pasar saat itu, maka pengorbanan yang dilakukan disebut sebagai biaya.      
Optimalisasi
Multimedia
Padukan secara tepat guna kombinasi antara:

Teks
Gambar/Foto/Diagram
Gambargerak(Animasi)
Audio (Suara, Musik, Sound Effect, dll)
Video
Simulasi

Contoh
-Penjelasan cara kerja jantung akan lebih baik mengkombinasikan antara
teks dan animasi, dari pada sekedar teks dan gambar.
-Penjelasan contoh perhitungan gerak lurus berubah beraturan akan
lebih baik mengkombinasikan antara teks, contoh dalam bentuk  
animasi dan perhitungan dengan simulasi daripada hanya teks dan animasi saja.
-Penjelasan konsep pasar akan lebih baik jika mengkombinasikan
antara teks yang ditunjang dengan video transaksi jualbeli

Latihan, Tes dan Umpan Balik
-PRACTICE MAKE PERPECT! Keberadaan latihan dan tes adalah  
mutlak dalam Modul Online
-Latihan dan tes, sebaiknya variatif tidak hanya dalam bentuk
tes obyektif, tapi juga dalam bentuk game atau simulasi, randomized.
-Umpan balik sebaiknya bersifat korektif, memberikan alasan 
kenapa benar kenapa salah;
-Hindari umpan balik dengan kalimat negatif

Buatlebihinteraktif!
Optimalkan Hyper …
Hypertext –lompat darisatu text ke text lain yg relevan
Hyperlink –lompat dari satu link ke link lain yang relevan
Hypermedia –lompat dari satu media ke media lain yang relevan
Jika memungkinkan perbanyak games dan simulasi

Dalam uraian, ajak siswa berpikir terlebih dahulu, sebelum menjelaskan.
Dalam latihan/tes, berikan umpan balik korektif.
Dalam uraian/penjelasan, mulai dengan pertanyaan (resiprok), seperti, 
”Tahukah Anda ....?”, ”Mengapa ...?”, dan lain-lain.
Gunakan  navigasi yang jelas dan  konsisten.

Catatan Akhir
SK3&G
S Sesuai(Relevant)
K Kreatif(Creative)
K Kreatif(Creative)
K Kreatif(Creative) dan
G Gila(Genius)
Not the End …

Technology is not the end. It’s a mean to meet the end.
This lecture is not the end. It’s a amean for us to meet the end.

Terima Kasih
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Kementerian Pendidikan Nasional




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy