Minggu, 11 Maret 2012

0 PERKEMBANGAN BAHASA DAN PRINSIP-PRINSIP TATA BAHASA


PERKEMBANGAN BAHASA DAN PRINSIP-PRINSIP TATA BAHASA

I.                   Pendahuluan

Pemerolehan bahasa anak memilki persamaan dengan perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa anak di mulai dengan satu kata, dan kemudian mereka tumbuh menjadi dewasa yang dapat berbicara dengan lancar dan efisien memiliki proses yang sama ketika dialek non-standar berkembang menjadi dialek standar, dari pidgin menjadi  kreol, dari bahasa yang sederhana menjadi bahasa yang kompleks dan efisien Pidgin yang berkembang menjadi kreol memeiliki tahapan yang sama pula. Beberapa kreol berkembang dari tahap yang sederhana yaitu dari basilek, moselek, dan akhirnya masuk dalam tahapan yang lebih rumit acrolet.
Dialek yang digunakan di pusat budaya juga secara bertahap berkembang dari tahap yang sederhana dan non-standar untuk menjadi bahasa yang standar. Standarisasi suatu bahasa merupakan unsur-unsur bahasa sebagai fasilitas dalam memproduksi ujaran yang jelas, dan menjamin kodifikasi yang efisien.
Seperti perkembangan dan fungsi tata bahasa, proses pembelajaran bahasa secara sistematis juga dimulai dari tahapan yang sederhana ke tahapan yang lebih rumit dan hasilnya pembelajar dapat berbicara dengan jelas tetapi singkat dan lancar.

II.                  Perkembangan pemerolehan bahasa anak

Tahapan pertama pemerolehan bahasa anak dimulai dengan pemerolehan unsur dasar bahasa  ibu seperti kata, urutan kata, kalimat dan intonasi agar dapat menghasilkan ujaran yang jelas. Beberapa gambaran tahapan pemerolehan bahasa anak adalah:





a.      Perkembangan inventarisasi elemen-elemen bahasa anak

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy