Jumat, 29 Maret 2013

0 Cara mengatasi kejenuhan dalam belajar


Belajar adalah kata yang tidak asing lagi, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Masing-masing mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Ada  yang betah belajar berlama-lama, ada yang hanya sebentar, bahkan ada pula yang melihat buku saja seperti alergi sehingga tidak mau belajar. Rasa jenuh saat belajar juga sering kali terfikirkan dan membuat kita jadi malas belajar. Hal itu pun saya alami dikala saya belajar di rumah maupun di kampus. Ada beberepa cara yang dapat anda lakukan, diantaranya :
1.      Hentikan belajar sementara dan mulailah pejamkan mata sejenak. Lepaskan semua beban yang ada dipikiran anda.
  1. Basahi muka anda hingga anda merasa segar, dan istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan belajar kembali.
  2. Kerjakan sholat dan bacalah al-quran setelah belajar (jika anda beragama islam)
  3. Beristirahatlah dan isilah istirahat anda dengan kegiatan sederhana yang paling anda senangi. Contoh : bermain gitar, mendengarkan musik dsb.
5.      Melakukan belajar dengan perasaan senang dan kreatif.
Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan senang akan menimbulkan perasaan senang juga. Begitu juga dengan kegiatan belajar, apabila merasa senang, maka akan memiliki gairah dan semangat untuk belajar. Lama kelamaan perasaan jenuh akan terkikis dan hilang
6.      Anggaplah belajar itu sebagai kebutuhan mendesak.
Belajar jangan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Artinya, belajar selain sebagai kewajiban, juga harus menjadi kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy