Prinsip-prinsip Belajar Teori Kognitif
Teori belajar kognitif menjelaskan belajar dengan memfokuskan pada perubahan proses mental dan
struktur yang terjadi sebagai hasil dari upaya untuk memahami dunia. teori
belajar kognitif yang digunakan untuk menjelaskan tugas-tugas yang sederhana
seperti mengingat nomor telepon dan kompleks seperti pemecahan masalah yang
tidak jelas.
Teori belajar kognitif didasarkan pada empat prinsip dasar:
1.
Pembelajar
aktif dalam upaya untuk memahami pengalaman.
2.
Pemahaman
bahwa pelajar mengembangkan tergantung pada apa yang telah mereka ketahui.
3.
Belajar membangun pemahaman dari pada catatan.
4.
Belajar
adalah perubahan dalam struktur mental seseorang.
Apakah Siswa Aktif
Teori belajar kognitif didasarkan pada keyakinan
bahwa peserta didik aktif dalam upaya untuk memahami bagaimana dunia bekerja,
kepercayaan ini konsisten dengan Piaget dan Vygotsky tentang pemandangan pengembangan pelajar.
Pembelajar melakukan lebih dari sekedar menanggapi. Mereka mencari informasi yang membantu mereka dari jawaban pertanyaan, mereka memodifikasi
pemahaman mereka berdasarkan pengetahuan baru, dan perubahan sikap mereka
dalam menanggapi peningkatan pemahaman. teori belajar kognitif pandangan manusia
sebagai "agen goal-directed yang aktif mencari informasi.
Siswa Memahami Tergantung Pada Apa Yang Dia Tahu
Siswa Memahami Tergantung Pada Apa Yang Dia Tahu
Dalam usaha mereka
untuk memahami bagaimana di dunia bekerja, peserta didik
menafsirkan pengalaman baru berdasarkan apa yang mereka sudah tahu dan percaya.
Sebagai contoh, sering anak-anak tetap percaya bahwa bumi ini datar bahkan
setelah guru menjelaskan bahwa itu adalah sebuah bola. Beberapa anak kemudian menggambar permukaan
datar seperti di dalam atau di atas bola. Mereka beralasan bahwa orang tidak
dapat berjalan di atas bola, dan ide dari permukaan yang datar tadi anak-anak
mengetahui dan memahami ide untuk membantu mereka menjelaskan bagaimana
orang dapat berdiri atau berjalan di permukaan bumi. Contoh ini juga membantu
kita melihat mengapa menjelaskan sering tidak efektif untuk mengubah pemahaman peserta didik
Membangun Pembelajar Memahami dari Rekaman
Pelajar tidak
berperilaku seperti tape recorder, merekam dalam ingatan mereka dalam bentuk di
mana itu disajikan segalanya, guru mengatakan kepada mereka atau apa
yang mereka baca. Sebaliknya, mereka menggunakan apa yang telah mereka ketahui
untuk membangun pemahaman tentang apa yang mereka dengar atau membaca yang
masuk akal bagi mereka. Dalam upaya mereka untuk membuat informasi baru
dimengerti, mereka secara dramatis dapat memodifikasi itu, begitu pula
anak-anak yang membayangkan serabi pada bola. Kebanyakan peneliti sekarang menerima
gagasan bahwa siswa membangun pemahaman mereka sendiri (greeno et al,1996).
Definisi Pembelajaran
Dari perspektif
kognitif, belajar adalah perubahan dalam struktur mantal seseorang yang atas kapasitas untuk menunjukkan perilaku
yang berbeda. Perhatikan kalimat "menciptakan kapasitas. Dari perspektif
kognitif, belajar dapat terjadi tanpa ada perubahan langsung dalam perilaku,
bukti perubahan dalam struktur mental dapat terjadi dalam beberapa waktu kemudian.
"struktur mental" bahwa perubahan termasuk
skema, keyakinan, tujuan, harapan dan komponen lainnya. Dalam pelajaran
david, karena randy misalnya sadar walaupun tentang kebutuhannya untuk membuat
catatan, dan Tanta, Rendy dan Juan membentuk hubungan, dalam pikiran mereka, menghubungkan
informasi dari grafik, transparansi, dan demonstrasi.
Baik teori
behaviorisme atau kognitif sosial dapat menjelaskan upaya siswa-siswa. Bagaimana
informasi "di kepala pelajar itu" diperoleh, dan bagaimana disimpan?
Kita menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian berikutnya kita mengamati
pengolahan informasi, salah satu yang pertama dan paling diteliti secara deskripsi
tentang bagaimana
orang mengingat
(Hunt &
Ellis, 1999).
Pengolahan Informasi
Pengolahn informasi adalah
teori belajar yang menjelaskan bagaimana rangsangan memasukkan sistem ingatan
kita, dipilih dan terorganisir untuk penyimpanan, dan diambil dari memori
(Mayer, 1998a). Teori belajar kognitif yang paling menonjol dari abad ke-20, ia
memiliki implikasi penting untuk mengajar hari ini (Mayer, 1998b).
Model: Bantuan untuk Memahami
Pikirkan kembali sejenak disekolah
ketika kita
memahami belajar geografi,
mungkin kimia, atau
mengambil psikologi pendidikan. Dalam geografi, kita memahami fase
di bumi, dan dalam kimia, kita
mempelajari struktur atom. Karena kita langsung dapat mengalami hanya sebagian kecil dari bumi,
kita menggunakan
peta dan bola dunia
sebagai miniatur dari model bumi yang berguna untuk lebih memahami.
Demikian pula, dalam kimia kita
tidak bisa langsung mengamati atom dengan semua bagian, sehingga dengan belajar
model visulalize partikel kecil, akan
membantu kita dalam representasi
yang memungkinkan peserta didik untuk visualisasi. Mereka tidak dapat mengamati
secara langsung.
Kami menghadapi situasi yang sama ketika kita mencoba untuk visualisasi apa
yang terjadi selama pemrosesan informasi mewakili pandangan terkini dari bagaimana psikologi kognitif
berpikir dengan
proses informasi. (R. Atkinsons).
Komputer ini sering digunakan sebagai analogi untuk memproses informasi.
Sebagai contoh, komputer dan manusia
memperoleh,
menyimpan, dan mengambil pengetahuan dan membuat keputusan. Komputer
mengambil simbol sebagai input, berlaku operator untuk output produk
manusia yang
dilakukan (Mayer, 1996) misalnya, apa yang dihadapkan dengan masalah
matematika, kita menggunakan simbol untuk angka dan bahasa tertulis (input),
bekerja pada masalah dan, menghasilkan solusi (output). simbol Sebuah komputer
adalah elektronik
yang ditulis tentang kalimat dan angka.
Model
pengolahan informasi memiliki tiga komponen utama:
1.
Informasi melimpah
2.
proses kognitif
3.
Metakognisi
Informasi melimpah
adalah repositori yang memegang informasi, analog dengan memori utama
komputer dan hard drive. informasi
ini dalam model pemrosesan informasi
adalah sensor memori, memori kerja, dan memori jangka panjang.
Proses kognitif adalah tindakan intelektual yang mengubah informasi dan
gerakkan membentuk satu informasi
yang lain termasuk perhatian, persepsi, latihan, encoding, dan retrievel.
proses kognitif adalah sejalan dengan program yang memproses
informasi-software-di komputer.
Metakognisi, komponen ketiga
dari model pengolahan informasi, adalah kesadaran dan kontrol atas proses kognitif
sendiri (E. Hiebert & Raphael, 1996).
Beberapa peneliti menggambarkan kombinasi dari komponen-komponen ini sebagai "arsitektur kognitif" (Sweller 1998). Sama seperti arsitek sebuah bangunan adalah struktur yang kegiatannya terjadi, informasi sistem pengolahan adalah kerangka di mana informasi diperoleh, dipindah, dan disimpan.
Beberapa peneliti menggambarkan kombinasi dari komponen-komponen ini sebagai "arsitektur kognitif" (Sweller 1998). Sama seperti arsitek sebuah bangunan adalah struktur yang kegiatannya terjadi, informasi sistem pengolahan adalah kerangka di mana informasi diperoleh, dipindah, dan disimpan.
Memori Sensor
Memori sensori adalah menyimpan
informasi yang sebentar memegang stimulus dari lingkungan sampai mereka dapat
diproses (Neisser 1967). Materi dalam memori sensori adalah "meskipun
harus benar-benar tidak terorganisir, pada dasarnya salinan persepsi objek dan
kejadian di dunia". (Leahey & Harris 1997). Memory
sensori hampir terbatas kapasitas,
tetapi jika pengolahan tidak segera dimulai, memori jejak cepat memudar. Memori
sensorik diperkirakan menyimpan informasi sekitar 1 detik untuk visi dan 2
sampai 4 detik untuk mendengar (leahey & Harris, 1997).
Memori sensorik adalah titik awal yang penting
untuk diproses lebih lanjut. dalam percobaan membaca misalnya, akan tidak mungkin untuk
mendapatkan makna dari kalimat jika kata-kata hilang dari memori visual indra kita sebelum sampai ke akhir. Hal yang sama berlaku untuk bahasa
lisan. Memori sensori memungkinkan kita untuk menyimpan informasi yang cukup lama untuk melampirkan arti dan mentransfernya
ke memori
kerja berikutnya.
Memori kerja
Memori kerja, secara historis disebut memori jangka pendek,
adalah yang menyimpan informasi
sebagai pribadi proses. Memori kerja adalah bagian sadar sistem informasi
pengolahan, itu adalah tempat berpikir mengambil dengan sengaja (Sweller et al, 1998).
Keterbatasan memori kerja
Fitur yang paling mencolok dari memori kerja adalah keterbatasan (Bruer,
1993). Hal ini dapat menyimpan hanya sekitar tujuh item informasi pada waktu
(G. Miller 1956), dan memegang informasi untuk waktu yang relatif singkat
(sekitar 10 sampai 20 detik untuk orang dewasa), terutama ketika informasi baru
yang diterima (Greene 1992).
Memilih, pengorganisasian, dan informasi dinyatakan proses mengambil ruang
kerja memori juga, sehingga sering kita dapat menangani bahkan lebih sedikit
dari tujuh item, pada kenyataannya "mungkin hanya mampu menangani dua atau
tiga item simultan informasi menerus bila diperlukan untuk proses daripada
hanya menyimpan informasi "(Sweller et al 1998)
Terbatasnya kapasitas memori kerja memiliki implikasi penting untuk belajar mengajar sebagai
berikut:
a.
Menulis dengan
sering meningkatkan kecepatan,
jika siswa pada
awalnya diijinkan untuk mengabaikan kualitas tulisan, tata bahasa, dan ejaan
(De La Paz &Graham1997)
b.
Menulis kualitas yang lebih baik dengan menggunakan
pengolahan
kata yang dikembangkan. (Roblyer, 2003)
c.
Meskipun penelitian tentang ketidakefektifan perusahaan
besar dalam upaya
pengembangan staf untuk bentuk-bentuk yang lebih canggih pengajaran,
perkuliahan tetap sebagai strategi guru yang
paling umum (Cuban, 1984)
Teori Kognitif: Mengatasi Keterbatasan
Memory Kerja
Ketika kita menemukan informasi baru, belajar dipengaruhi oleh beberapa
faktor di luar kendali
kita, seperti jumlah dan comlexity material. Namun, seperti
guru dan peserta didik, kita dapat mengontrol faktor ofther, seperti cara kita mendesain
instruksi dan strategi yang kita gunakan untuk membuat informasi dimengerti.
teori beban kognitif mengakui keterbatasan memori kerja dan menekankan petunjuk
yang dapat
menampung kapasitas (Sweller et al, 1998).
Teori beban
kognitif menekankan tiga faktor yang dapat membantu mengakomodasi keterbatasan
memori kerja:
a.
Chunking
b.
Otomatisitas
c.
Dual pengolahan
Chunking, adalah proses
mental menggabungkan item yang terpisah menjadi
lebih besar, unit lebih bermakna (G, Miller,
1956). Sebagai ilustrasi, cobalah latihan sederhana.
Lihat pada baris berikut
huruf untuk 5
seonds:
Sekarang penutup baris, dan mencoba menuliskan semua 21 huruf dalam urutan apapun. Bagaimana kau melakukannya? Kebanyakan orang tidak dapat mengingat seluruh daftar, meskipun huruf disajikan dalam urutan abjad, semua kecuali dua yang berulang dan dikelompokkan bersama, dan orang-orang diberitahu ada 21 huruf dalam semua. Jumlah item melebihi kapasitas kenangan mereka bekerja.
Sekarang penutup baris, dan mencoba menuliskan semua 21 huruf dalam urutan apapun. Bagaimana kau melakukannya? Kebanyakan orang tidak dapat mengingat seluruh daftar, meskipun huruf disajikan dalam urutan abjad, semua kecuali dua yang berulang dan dikelompokkan bersama, dan orang-orang diberitahu ada 21 huruf dalam semua. Jumlah item melebihi kapasitas kenangan mereka bekerja.
Otomatisitas, Cara kedua
untuk mengatasi keterbatasan memori kerja adalah untuk
membuat proses yang terlibat dalam
tugas otomatis. Otomatisitas
adalah penggunaan operasi mental yang
dapat dilakukan dengan
kesadaran littlw atau effert sadar
(Healy et al,
1993). Mengemudi mobil
merupakan contoh dari otomatisitas kekuasaan dan efisiensi. Setelah mengemudi menjadi
otomatis, misalnya, orang dapat mengemudi, berbicara,
pada saat yang sama.
Belajar keterampilan titik otomatisitas menyediakan
satu solusi untuk
tiga masalah invoving
memori kerja dikutip
dalam bagian terakhir. Jika tata bahasa, ejaan,
dan tanda baca skillsbecome
otomatis, siswa bisa
mencurahkan ingatan mereka bekerja dalam menyusun produk tertulis.
Demikian pula, jika keterampilan pengolahan wor adalah otomatis,
siswa tidak perlu
dovete kerja ruang
memori untuk mereka,
melainkan mereka dapat berkonsentrasi pada pembuatan
esai terorganisir dengan baik. Masalah yang melibatkan strategi mengajar memiliki
implikasi penting bagi pertumbuhan kita sebagai seorang guru.
Sebagai contoh, pertanyaan
merupakan inti dari sejumlah strategi pengajaran
yang canggih, seperti penemuan terbimbing, tapi bagi
banyak guru, tidak otomatis. Ini berarti anda
harus berlatih keterampilan
penting, seperti mempertanyakan, sampai mereka menjadi
otomatis jika Anda berharap untuk menggunakan strategi seperti dscovery
dipandu dalam mengajar
Anda.
Dua Pengolahan. Adalah cara dua bagian,
visual dan komponen pendengaran, bekerja sama dalam memori kerja (Baddeley,
1992). Bahwa setiap bagian terbatas kapasitas, mereka bekerja secara independen
dan additively (Mayer 1997).
Prosesor visual melengkapi andvice
prosesor pendengaran sebaliknya.
Untuk memahami bagaimana proses ganda membantu siswa mengingat, mari kita pikirkan kembali pelajaran David. Dia menggunakan transparansi visual-warna dan matriks-pada saat yang sama dibahas mereka withh murid-muridnya. Sebuah presentasi simultan dari visual dan verbal (auditory) informasi penting karena memberikan dua rute untuk mewakili informasi dalam memori (Mayer, 1997).
Untuk memahami bagaimana proses ganda membantu siswa mengingat, mari kita pikirkan kembali pelajaran David. Dia menggunakan transparansi visual-warna dan matriks-pada saat yang sama dibahas mereka withh murid-muridnya. Sebuah presentasi simultan dari visual dan verbal (auditory) informasi penting karena memberikan dua rute untuk mewakili informasi dalam memori (Mayer, 1997).
Memang, penelitian menunjukkan bahwa siswa akan belajar
lebih banyak jika penjelasan verbal yang dilengkapi dengan representasi visual (Mayer & moreno, 1998). Sayangnya, guru
sering menggunakan kata-kata saja, untuk menyajikan informasi, membuang-buang
beberapa kemampuan pemrosesan memori kerja ini.
Memori Jangka Panjang
Memori Jangka Panjang
Ini seperti sebuah perpustakaan dengan entri
jutaan dan jaringan yang memungkinkan mereka untuk diambil untuk referensi dan
penggunaan. Ini berbeda dari memori kerja dalam kapasitas merusak dan durasi.
Sedangkan memori kerja terbatas sekitar tujuh item informasi untuk hitungan
detik, kapasitas memori jangka panjang adalah luas dan tahan lama. Beberapa
ahli seggest informasi yang di dalamnya tetap untuk seumur hidup (Schunk, 2000).
Salah satu gambaran yang paling banyak
diterima membedakan memori jangka panjang antara pengetahuan deklaratif, pengetahuan
fakta, definisi, prosedur, dan aturan, dan pengetahuan prosedural, pengetahuan
tentang bagaimana untuk melakukan tugas-tugas (J. Anderson, 1990), misalnya,
seorang pelajar yang mengatakan, "untuk menambahkan fraksi, Anda harus
terlebih dahulu punya seperti penyebut," tahu aturan untuk menambahkan
fraksi tetapi tidak mungkin bisa benar-benar melakukan perhitungan. Mengetahui
aturan adalah dari pengetahuan deklaratif, yang dapat menambahkan fraksi
memerlukan pengetahuan prosedural. Pengetahuan deklaratif dapat ditentukan
langsung dari commens seseorang, sedangkan pengetahuan prosedural yang
disimpulkan dari kinerja seseorang. Untuk mengembangkan pengetahuan prosedural,
siswa harus berlatih keterampilan, seperti menambahkan fraksi atau menulis
esai, dan menerima umpan balik tentang kinerja mereka.
Skema Memori Pengetahuan Deklaratif
Banyak peneliti
percaya bahwa pengetahuan deklaratif disimpan dalam jangka-memori dalam bentuk
skema (juga disebut skemata), jaringan terorganisir informasi (J. Anderson,
1990 dkk). Skema menggabungkan bentuk yang lebih sederhana informasi, seperti
proposisi, orderings linier, dan gambar (Gagne, dkk, 1993). Misalnya,
"adalah planet pluto" adalah proposisi, bintang terkecil dari
informasi yang dapat judget benar atau salah. orderings Linear peringkat
informasi menurut beberapa dimensi, seperti planet dalam rangka mereka dari
matahari, dan menyimpan gambar karakteristik fisik sebagai gambar mental,
seperti sebuah visualisasi dari gumpalan dari transparansi David.
Skema dibangun secara
individual, dinamis (perubahan dalam menanggapi informasi baru), dan
kontekstual (tergantung pada situasi di mana mereka pelajari) (Wigneld, dkk,
1996).
Skema sebagai Scripts. Selain mengatur informasi,
skema juga bisa membimbing tindakan kita. Sebagai contoh, ketika siswa pertama
kali masuk ke kelas, mereka mungkin bertanya di diri sendiri
pertanyaan-pertanyaan seperti
• Apa harapan instruktur?
• Apa saja persyaratan kursus?
• Bagaimana saya harus mempersiapkan diri untuk kuis dan penilaian lainnya?
• Bagaimana saya berinteraksi dengan teman-teman saya?
• Apa harapan instruktur?
• Apa saja persyaratan kursus?
• Bagaimana saya harus mempersiapkan diri untuk kuis dan penilaian lainnya?
• Bagaimana saya berinteraksi dengan teman-teman saya?
Jawaban datang dari
pemahaman mereka tentang cara yang tepat untuk beroperasi di kelas perguruan
tinggi, dikembangkan selama tahun pengalaman. Script, yang "peristiwa
representationsfor skema" (Bruning et al, 1999), menyediakan rencana untuk
tindakan dalam situasi tertentu seperti ini. Misalnya, Anda memiliki sebuah
naskah yang memandu perilaku Anda sebagai Anda mempersiapkan untuk, menghadiri,
dan berpartisipasi dalam kelas. Dalam hal ini, script berisi pengetahuan
prosedural, serta proposisi tentang cara-cara untuk berinteraksi dengan siswa
lain, gambar kelas masa lalu, dan orderings linier tentang apa tugas-tugas
untuk menyelesaikan pertama.
Pengorganisasian
pengetahuan dalam memori: implikasi untuk belajar dan mengajar. Fakta bahwa
kita mengatur pengetahuan dalam memori dalam bentuk skema adalah penting bagi
peserta didik dan guru karena dua alasan. Pertama, skema membantu menjelaskan
mengapa latar belakang pengetahuan dan cara itu terorganisir dalam memori
sangat penting untuk belajar tambahan (Nuthall, 1999b, 2000). Kedua, skema
mengurangi beban pada peserta didik memori kerja.
Pengetahuan Prosedural
dalam Memori: Kondisi dan Tindakan
Sebelumnya kita
mengatakan bahwa pengetahuan prosedural melibatkan cara untuk melakukan tugas.
Dalam menggunakan pengetahuan prosedural, Namun, pelajar harus mampu
beradaptasi pengolahan mereka untuk kondisi yang berbeda. Pada contoh dengan
menambahkan pecahan, jika penyebut yang sama, kami hanya menambahkan pembilang.
Jika mereka, Äôre berbeda, kita harus menemukan common denominator dan kemudian
menambahkan pembilang. Kondisi untuk fraksi ditambah dengan seperti,
dibandingkan dengan tidak seperti, deominators berbeda, dan kemampuan untuk
menambahkan mereka corretly tergantung pada pengakuan kondisi dan bertindak
dengan tepat.
Semua pengetahuan
prosedural tergantung pada pengetahuan deklaratif, misalnya, siswa harus
terlebih dahulu memahami pecahan dan aturan untuk menambahkan mereka sebelum
mereka dapat beradaptasi dengan kondisi yang berbeda. Sebagai contoh lain, Anda
akan berlatih baik manajemen kelas dan keterampilan pertanyaan saat Anda
bergerak melalui program persiapan guru Anda, tetapi Anda harus memahami
prinsip tahu tahu bagaimana cara mempraktekkan paling efisien. Inilah sebabnya
mengapa Anda mempelajari teori belajar di kelas, ini membantu mereka memahami
kapan dan mengapa strategi pembelajaran yang efektif.
artikel yang sangat bagus sekali buat di simak, ...
BalasHapus