Selasa, 25 Januari 2011

Sanga, Peraih Gelar Cumlaude di UB dari Korsel



Jang Sang Ah (Foto: dok. UB)
JAKARTA- Ada yang unik dari prosesi Wisuda Periode III Tahun Akademik 2010/2011 Universitas Brawijaya (UB). Ketika itu, seorang gadis berkebangsaan Korea Selatan diwisuda dengan predikat cumlaude. Nilai Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) 3,67. Dia menduduki posisi kedua wisudawan dengan masa studi singkat.

Jang Sang Ah tercatat sebagai lulusan Fakultas Hukum (FH) UB. Perjuangan Sanga, demikian dia biasa dipanggil, meraih gelar cumlaude tidaklah mudah.  Di kelas, dia terkenal rajin bertanya ke dosen. Bahkan, saking rajinnya, ada dosen menyindir teman-temannya, apakah tidak ada yang bertanya selain Sanga.

Tidak hanya itu, gadis berambut panjang ini juga selalu duduk di barisan depan di kelas. Hal yang biasanya enggan dilakukan teman-teman sekelas Sanga. Ketika telat, dialah yang akan pertama berlari sementara teman-temannya berjalan dengan santai. "Hal seperti ini tidak lazim di Korsel. Bagi kami, kedisiplinan adalah awal segala kebaikan," tutur Sanga seperti disitat dari situs UB, Selasa (25/1/2011).

Sanga telah berada di Malang sejak kelas satu sekolah menengah atas (SMA). Ketika itu, ayahnya membuka usaha di Indonesia. Sang ibu yang menjadi produser KBS TV, TV Publik di Korsel, ditempatkan di Malang. Sanga memilih menetap di Indonesia lantaran telah ditawari posisi junior manager business developer di Cheil Jedang Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan kimia dan pakan ternak. Sementara sang ayah, kini lebih sering bolak-balik Korsel-Indonesia.

Alumnus SMAK Santa Maria ini memilih FH UB melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dia menilai, masalah hukum sangat riskan bagi warga negara asing (WNA) sepertinya. Menurut Sanga, jika ekspatriat tidak memahami hukum, maka bisa terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Pertimbangan lain, di negara asalnya, FH menjadi fakultas favorit. Karena itulah, teman-temannya di Korsel sangat kagum ketika dia bercerita bahwa dia berkuliah di fakultas hukum.

Gadis yang telah lancar berbahasa Indonesia ini menerangkan, kenyataan itu juga menjadi indikator bahwa masyarakat Negeri Ginseng itu sangat peduli dengan hukum. "Pada dasarnya, hukum di Korsel sama dengan Indonesia yang menganut civil law, tapi penerapannya lebih rumit di Korsel," ujar Sang

http://kampus.okezone.com/read/2011/01/25/373/417731/sanga-peraih-gelar-cumlaude-di-ub-dari-korsel

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy