Sabtu, 29 Januari 2011

0 Berita Hacker

Inilah Cara Hacker Bajak Akun Facebook Pendirinya




Hacker yang berhasil menyusup ke akun Facebook Mark Zuckerberg benar-benar memalukan jejaring sosial itu. Bahkan ahli keamanan tak mempercayai hal tersebut.

“Bagaimana bisa orang ‘secanggih’ Mark Zuckerberg sangat teledor hingga menjadi bulan-bulanan hacker?” isi pertanyaan pengguna internet di dunia saat mengetahui akun Zuckerberg disusupi hacker.

Menurut perusahaan riset Sophos, hacker tak hanya menarget orang biasa atau terkenal, aktivis IT pun dapat menjadi korban, termasuk Zuckerberg. "Saya curiga, ada dua cara Zuckerberg kebobolan. Kemungkinan Zuckerberg ceroboh memakai password yang mudah ditebak,” ujar analis Sophos Graham Cluley.

Namun untuk pola pertama sangat kecil kemungkinannya, kata Cluley. Kemungkinan besar Zuckerberg menjadi target hacker menggunakan jebakan Firesheep saat menggunakan jaringan Wi-Fi tak terenkripsi di tempat umum, termasuk kafe, hotel, bandara, atau lokasi lain.

Menurut Cluley, Firesheep menyusup melalui Wi-Fi dan hacker dapat mendapat password akun terproteksi hanya menggunakan jaringan tak terenkripsi. "Memang sulit mengetahui mengapa dan bagaimana fan page Zuckerberg bisa dibajak."

Ia melanjutkan, kemungkinan ia menggunakan laptop yang sudah berisi malware sehingga username dan password miliknya dapat diambil hacker dan digunakan menyerang fan page-nya. “Dua pola pertama sangat mungkin terjadi,” ujarnya.

Cluley mengatakan, kejadian ini sangat memalukan Facebook. Aksi penyusupan seolah memberitahu para pemilik akun Facebook lain jika jejaring sosial itu sangat lemah dan tak aman. Dalam fan page, Zuckerberg memiliki dua juta penggemar.

Ahli keamanan ini meminta pengguna Facebook membuat password yang sulit ditebak, dan bukan kata yang berasal dari kamus. Bahkan, ia juga menyarankan mengunduh plug-in browser yang secara otomatis meminta Wi-Fi mengenskripsi jaringannya sehingga pengguna aman saat mengakses situs yang diproteksi password, seperti Facebook. (inilah)     
 

         

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy