Senin, 02 Juli 2012

0 PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Soal & jawaban :

1).  Suatu ilmu pengetahuan dikatakan ilmiah jika memenuhi persyaratan sebagai berikut!
Jawab :
  a. Logis atau masuk akal artinya sesuai dengan kaidah-kaidah pengetahuan yang telah diakui kebenarannya
   b. Objektif artinya pengetahuan yang didapat harus sesuai dengan objeknya dan didukung oleh fakta empiris.
   c. Metodik artinya pengetahuan itu diperoleh dengan menggunakan aturan atau cara-cara tertentu yang teratur, dirancang dan terkontrol.
  d. Sistematis artinya pengetahuan itu disususn dalam satu system yang satu dengan yang lainnya dan saling menunjang sehingga tetap merupakan satu kesatuan yang utuh.
   e. Universal artinya pengetahuan itu tiadak hanya berlaku atau dapat diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja, tetapi semua ornaag berkesemapatan untuk melakukannya melalui cara eksperimen untuk memperoleh hasil yang sama.
   f. Kumulatif artinya khasana ilmu pengetahuan selalu bertambah dengan hadirnya ilmu pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan yang terbukti salah harus diganti dengan ilmu pengetahuan yang benar (tentatif).

2). Timbulnya pengetahuan nonilmiah pada umumnya tidak dapat dibuktikan namun diterma oleh masyarakat pada saat itu. Hal ini disebabkan oleh faktor…
Jawab :
      Pengetahauan nonilmiah diterima masyarakat karena mereka belum memiliki wawasana yang luas tentang alam semesta. Banyaknya mitos, prasangka dan sebagainya menyebabkan masarakat terpengaruh akan hal tersebut sebagai rasa lega bahwa pertanyaan yang muncul telah terjawab.

3).  Kapan suatu pengetahuan dikatakan ilmiah?Sebutkan!
Jawab :
      Suatu pengetahuan dikatakan ilmiah jika hal tersebut telah memenuhi syarat- syarat suatu ilmu pengetahuan. Diantaranya logis, objektif, metodik, sistematis, universal dan kumulatif. Serta mengikuti langkah-langkah operasional metode ilmiah yakni perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis dan penarikan kesimpulan.

4). Mengapa langkah-langkah dalam metode ilmiah harus dilakukan secara berurutan?Jawab dengan singkat!
Jawab :
      Karena jika tidak dilakukan secara berurut maka akan mengakibatkan kerancuan dalam pembuatan suatu karya ilmiah dan hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil dari penelitian yang kita lakukan

5). Dengan metode ilmiah yang merupakan ciri khas pengetahuan ilmiah kana menuntun pembentukan seorang ilmuwan mempunyai sikap ilmiah. Sebutkan minimal 6 sikap ilmiah tersebut!
Jawab :
     a. Jujur : Ilmuwan wajib melaporkan hasil pengamatannya secara objektif dan jujur sehingga hasil penelitiannya tersebut jika diuji oleh peneliti yang lain akan memberikan hasil yang sama.
     b. Terbuka : Seorang ilmuwan harus mempunyai pengetahuan yang luas, terbuka terhadap pendapat orang lain, jauh dari praduga dan menghargai gagasan baru orang lain meskipun untuk menerimanya harus melakukan pengujian terlebuh dahulu.
     c. Toleran : Seorang ilmuwan tidak akan merasa dirinya paling hebat, bersedia belajar dari orang lain atau membandingkan pendapatnya dengan orang lain serta tidak pernah memaksakan pendapatnya kepada orang lain.
    d. Skeptis : Dalam mencarai kebenaran seorang ilmuwan akan bersikap hati-hati, meragukan sesuatu dan skeptis, tetapi kritis sehingga akan menyelidiki dahulu bukti-bukti yang mendasari suatu kesimpulan.
    e. Optimis : Seorang ilmuwan tidak akan mengatakan sesuatu tidak dapat dikerjakan
sebelum memikirkan dan mencoba mengerjakannya terlebih dahulu.
    f. Pemberani : Sifat ilmuwan yang selalu mencari kebenaran maka akan berani melawan ketidak benaran, kepura-puraan yang akan menghambat kemajuan meskipun harus merugikan dirinya sendiri.
    g. Kreatif dan Inovatif : Selalu ingin mendapatkan, menciptakan, memvariasikan sesuatu yang baru
terutama guna mendapatkan nilai tambah.

6).  Jelaskan pengertian IPA klasik dan IPA modern!
Jawab :
  a. IPA klasik adalah ilmu pengetahuan yang telaahnya mengikuti kaida ilmu tradisional berdasarkan pengalaman, kebiasaan dan bersifat makroskopik.
  b. IPA modern adalah ilmu pengetahuan yang muncul berdasarkan penelitian maupun pengujian dan telah diadakan pembaharuan yang dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.

7).  Berilah bukti bahwa ilmu pengetahuan akhir-akhir ini berkembang dengan pesatnya!
Jawab :
      Akhir-akhir ini ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai contoh adalah bioteknologi dimana wanita yang divonis tidak dapat hamil sekarang telah dapat hamil dengan menjalani program bayi tabung. Namun perkembangan tersebut harus diperhitungkan terhadap kehidupan sosial masyarakat.



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy