Senin, 02 Juli 2012

2 ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA


ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA

Soal & jawaban :

1). Manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya mempunyai beberapa kelebihan. Jelaskan!
Jawab :
        Manusia mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya yaitu manusia mempunyai nalari dimana kemampuan tersebut digunakan untuk melakukan penalaran, pemikiran logis, dan analisis. Hal tersebut digunakan untuk menentukan mana yang baik dan yang tidak. Selain itu manusia juga mempunyai nurani yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnaya. Manusia juga dapat bekomunikasi baik secara lisan maupun tulisan sehingga dapat mengkomunikasian apa yang diinginkan kepada khalayak, Hal inilah yang membuat manusia diangaap lebih dibanding dengan makhluk hidup lainnya.

2). Jelaskan perkembangan rasa ingin tahu manusia sampai terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)!
Jawab :
        Manusia diciptakan dengan memiliki naluri, nalari dan nurani. Dengan kemampuan nalari, menusia mampu melakukan penalaran, pemikiran logis dan analisis. Hal tersebut memicu rasa ingin tahu manusia tentang segala yang ada di alam baik yang bersifat makroskopik maupun yang bersifat mikroskopik. Dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami serta pemecahan masalah yang dihadapi tersebut selanjutnya menjadi dasar dari terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Description: http://sync.mathtag.com/sync?mt_exid=2&admeld_user_id=9b73247f-55be-43ab-8046-51cd0ecda901&admeld_adprovider_id=296&admeld_call_type=redirect&admeld_callback=http://tag.admeld.com/match
3).  Apakah yang menjadi dasar kepercayaan mitos?
Jawab :
      Adanya pola pikir masyarakat yang belum maju karena keterbatasanan alat indera manusia yang hanya mengandalkan pengamatan, pengalaman, dugaan, imajinasi maupun kepercayaan yang sekedar hanya ingin memuaskan rasa ingin tahu mereka.


4).  Jelaskan pengertian metode deduksi dan metode induksi!
Jawab :
      Metode deduksi ialah suatu metode penarikan kesimpulan yang didasarkan pada sesuatu yang bersifat umum (premis mayor) menuju pada yang khusus (premis minor) yang berdasar pada logika. Metode induksi ialah dasar dari perkembangan metode ilmiah sekarang dimana pengambilan kesimpulan dilakukan berdasarkan data pengamatan atau eksperimentasi yang diperoleh.

5). Metode keilmuan yang merupakan gabungan rasionalisme dan empirisme lebih
dapatdiandalkan. Jelaskan!
Jawab :
      Karena dengan menggunakan metode tersebut pertanyaaan-pertanyaan yang ada dapat dijawab secara logika dan masuk akal dan dengan dukungan dari fakta-fakta yang ada, sehingga hasilnya tidak menimbulkan keraguan.

6). Jelaskan cara-cara yang dilakukan manusia untuk memperoleh pengetahuan melalui pendekatan “Pseudo Science” (Sains Semu)!
Jawab :
     Manusia melakukan pengamatan tentang fenomena alam yang terjadi hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka yang umumnya tidak logis meskipun sering diterima sebagai kebenaran.

7).  Jelaskan dengan singkat sejarah pengetahuan yang diperoleh manusia!
Jawab :
      Pada zaman purba manusia telah mengetahui cara bercocok tanam dan beternak yang diperoleh dari pengalaman dan kemampuannya mengamati alam sekitar. Pada zaman Yunani kemampuan berfikir manusia sudah lebih maju yang ditandai dengan penemuan alat bantu yang lebih baik dan mulai menggunakan akal sehat. Zaman Pertengahan merupakan zaman keemasan bagi Islam. Zaman ini banyak dikebangkan metode eksperimen yang memungkinkan perluasan bidang kedokteran, farmasi, astronomi, kimia, dan biologi. Banyak pula penemuan buku-buku tentang kedokteran yang dipakai sebagi acuan pada dunia Islam dan Eropa. Pada zaman modern banyak penemuan yang merubah pola pikir sebelumnya terutama dengan penemuan empiris yang didukung oleh alat bantu yang lebih baik. Penemuan-penemuan tersebut membuka cara berfikir lebih yang maju, terbuka dan berani meyatakan kebenaran meskipun harus bertentangan dengan pendapat atau kepercayaan yang ada.

2 komentar:

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy