Sabtu, 14 April 2012

1 Tips Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional tahun 2012 tinggal menunggu hitungan hari. Pada tanggal 16 hingga 19 April ini siswa-siswa kita yang duduk di bangku SMA/MA/SMK melaksanakan Ujian secara serentak yang kemudian dilanjutkan siswa-siswa kita yang masih duduk di bangku SMP/MTs.


Ada semacam kekhawatiran berlebihan dari diri kita dalam menghadapi Ujian Nasional 2012 yang justru hal tersebut akan menghambat kita dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional. Mental yang telah kita persiapkan berangsur-angsur akan terkikis sehingga kita akan merasakan ketidaksiapan dan ketidakmampuan kita.

Ingat bahwa pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu. Seandainya kita benar-benar siap menghadapi ujian nasional tersebut maka semuanya akan berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Amin.

Sebagai bahan literatur kita dalam mempersiapkan diri, saya mencoba memberikan sedikit tips demi kelancaran dan kesuksesan Ujian Nasional yang akan kalian hadapi.

1. Perbanyak Aktivitas Pendekatan Diri Pada Tuhan

Semua usaha untuk meraih hasil yang diinginkan haruslan dilakukan secara lahir dan batin, semakin mendekatkan pada Tuhan, mohon ampunlah atas segala dosa dan tingkatkanlah keimanan kalian, Puasa Senin-Kamis, shalat Tahajud ataupun shalat Dhuha bagi yang beragama Islam.

2. Restu dari Keluarga

Ini penting sekali restu keluarga, mintalah doa dari kedua orang tua kalian, orang yang kalian kenal, orang terdekat kita. Sebelum berangkat usahakan berpamitan dulu disertai dengan mencium tangan kedua orang tua.

3. Siapkan Mental dan Fisik

Persiapkan mental dan fisik kalian sebaik mungkin, jangan sampai sakit karena akan menghambat kesiapan kalian.

4. Buat Jadwal Kegiatan Di Rumah

Kayaknya gak ada hubungannya sama ujian nasional ya..? namun tindakan ini sangat penting. Coba kita pikir kalau seandainya kegiatan dirumah anda tidak teratur apa jadinya? morak marik kan..? (bahasa jawa), makannya buatlah jadwal di rumah kalian.

5. Belajar Tekun Dan Teratur



Usahakan belajar di rumah minimal 2X sehari dan utamakan belajar yang efisien disertai dengan berlatih soal.

6. Ikutilah Program Bimbel (Bimbingan Belajar)

Sebaiknya kalian ikutan bimbel. Contohnya bimbel di sekolah atau ikut les tambahan itu bisa buat nambahin materi kita.

7. Latihan Soal

Aktivitas ini merupakan tips yang bisa menambah kekuatan kita dalam menghadapi Ujian Nasional. Bila kalian teliti, maka kalian bisa membaca kisi-kisi soal Ujian Nasional yang telah terangkum di Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

8. Diskusi Bersama

Seringlah berdiskusi dengan teman. Tapi jangan diskusiin pacar ya atau ngomongin guru kalian, hehehe

9. Istirahat Teratur

Istirahat teratur, perbanyak tidur (tapi dalam koridor kewajaran), dan jaga pola makan kalian.

10. Berdoa

Ini penting juga, perbanyak doa kepada Tuhan kalian dengan disertai keikhlasan hati.

11. Tawakal

Berjuang dengan segenap tenaga dan berserah diri kepada Dzat Yang Maha Kuasa.


12. Jujur


Semua yang telah kalian lakukan bila tidak dilandasi dengan kejujuran tidak akan membawa hasil apapun. 



Selamat mencoba wahai anakku, semoga kalian diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi Ujian Nasional 2012 dan mendapatkan hasil terbaik serta diterima di tingkat pendidikan berikutnya sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Amin.

1 komentar:

  1. waw mental itu yang sangat penting, suka stres kl mau uan, jd suka kurang tidur waktu saya dl ujian

    BalasHapus

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy