Sabtu, 14 April 2012

0 Informasi Ujian Nasional Sultra

Ketua Tim Pengawas Ujian Nasional (UN) Provinsi Sulawesi Tenggara, La Sara mengatakan, wilayahnya siap menghadapi UN yang bakal digelar mulai satu pekan ke depan. Sebagai persiapan awal, ia akan segera melakukan sosialisasi dan pembekalan kepada seluruh dosen yang akan menjadi pengawas di setiap satuan pendidikan, Senin (9/4/2012) mendatang.

"Urusan administrasi telah selesai, dan pada 9 April kita akan bekali seluruh dosen yang akan menjadi pengawas," kata La Sara, Sabtu (7/4/2012) malam, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ia mengatakan, para dosen yang akan menjadi pengawas pada UN sengaja dibekali sejak jauh hari dengan tujuan agar para dosen pengawas dapat memahami penuh tugas dan fungsinya pada saat UN digelar.

"Pengawas harus tahu semua tugasnya, sebelum, sedang dan saat selesai pelaksanaan UN," ujarnya.

Pembantu Rektor I Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari ini melanjutkan, untuk mengoptimalkan pengawasan pada pelaksanaan UN di Kendari, ia mengatur pengawasan UN dilakukan oleh dua orang dosen di sekolah yang melaksanakan UN lebih dari sepuluh kelas. Hal itu dilakukan atas dasar untuk mencapai efektifitas kinerja dan menekan kemungkinan adanya kecurangan.

"Saya siasati, setiap sekolah yang jumlah ruang ujiannya lebih dari 10 kelas saya tempatkan 2 dosen untuk mengawas. Sekolah yang kelasnya di bawah itu, ya, satu dosen saja," ujarnya.

Dengan jumlah 1.100 dosen, Unhalu mengerahkan sekitar 480 dosennya untuk menjadi pengawas dalam pelaksanaan UN di seluruh Kendari. Tidak hanya bertugas saat UN berlangsung di dalam kelas, tim pengawas juga bekerjasama dengan aparat kepolisian ikut mengawal jalannya distribusi naskah soal UN ke 394 (jenjang SD sampai SMA) sekolah di Sulawesi Tenggara.

Seperti diwartakan, UN untuk tingkat SMA/MA akan digelar pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.

Adapun untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012. Untuk pengumumannya, tingkat SMA/MA dan SMK hasil UN akan diumumkan pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan masing-masing provinsi.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy