Rabu, 08 Oktober 2014

0 PERANAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Perkembangan   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   mempunyai   ciri   eksponensial
yaitu   semakin   lama   semakin   cepat,   karena   hasil   dari   suatu   tahap   menjadi   dasar   dan
alasan   bagi   tahap   selanjutnya.   Ditinjau   dari   peran   ekonominya   teknologi   merupakan
pendorong utama bagi penciptaan nilai tambah ekonomis. Nilai tambah ini dinikmati oleh
para   pelaku   ekonomi,   sehingga   menaikkan   kualitas   kehidupannya.   Dengan   naiknya
kualitas   kehidupan  maka   semakin   besar   pula  dorongan  untuk   penciptaan   nilai   tambah
agar   peningkatan   kualitas   hidup   itu   berkesinambungan.   Tidak   mengherankan   bahwa
bukan   saja   perkembangannya   semakin   cepat   tapi   peranan   ilmu   pengetahuan   dan
teknologi   dalam   masyarakat   modern   bertambah   lama   bertambah   penting.
Pengembangan   ilmu   pengetahuan   berjalan   aktif   di   segala   bidang   yaitu   kesehatan,
pertanian,   ilmu   ekonomi,   ilmu   sosial,   ilmu   pengetahuan   alam   dan   sebagainya.   Akan
tetapi jika diamati lebih teliti ada empat bidang ilmu pengetahuan dan teknoilogi strategis
yang   akan   menentukan   masa   depan   dunia,   dna   karena   itu   akan   berkembang   dengan
cepat   dan   dengan   prioritas   yang   tinggi   bagi   umat   manusia,   yaitu   :Material,   Energi,
Mikroelektronik  dan  Bioteknologi.   Secara  umum  teknologi   deawasa  ini   telah  merambah
kepada   berbagai   aspek   di   masyarakat,   tidakhnya   untuk   industri,   ekonomi,   sosial
maupun pendidikan dan khususnya pembelajaran.
Proses   dan   produk   teknologi   yang   dihasilkan,   tidak   semuanya   dapat
dimanfaatkan dan secara relevan dapat dimanfaatkan untuk pendidikan terutama   untuk
proses   dan   hasil   pembelajaran.   Produk   teknologi   seperti   bioteknologi,   mikroteknologi
dan   material   tidak   secara   langsung   diguanakn   sebagi   alat   dan   bahan   untuk
pembelajaran.   Dengan   demikian   teknologi   yang   secara   langsung   relevan   dengan
pembelajaran   adalah   disesuaikan   dengan   makna   pembelajaran   itu   sendiri.     Ase
Suherlan  (200  :   48)   mengemukakan  bahwa  pembelajaran  pada  hakikatnya  merupakan
komunikasi   yang   transaksional   yang   bersifat   timbal   balik   baik   diantara   guru   dengan
siswa   maupun   siswa   dengan   siswa   dan   lingkungan   belajar   dalam   upaya   mencapaian
tujuan   pembelajaran.   Dari   makna   pembelajaran   di   atas   terdapat   makna   inti   bahwa
pembelajaran   harus   mengandung   unsur   komunikasi   dan   informasi.   Dengan   demikian
produk   dan   proses   teknologi   yang   dibutuhkan   dalam   pembelajaran   sesuai   dengan karakteristik   tersebut.   Dengan  demikian  teknologi   yang  berhubungan  langsung  dengan
pembelajaran  adalah   teknologi   informasi  dan  komunikasi  (   Information  Communication
and Technology).
Teknologi   Informasi menekankan  pada  pelaksanaan  dan  pemprosesan  data
seperti   menangkap,   mentransmisikan,   menyimpan,   mengambil,   memanifulasi   atau
menampilkan   data   dengan   menggunakan   perangkat-perangkat   teknologi   elektronik
terutama  komputer.   Makna  teknologi   informasi  tersebut   belum  menggambarkan  secara
langsung kaitannya dengan sistem komunikasi, namum lebih pada pengolahan data dan
informasi.
Sedangkan  teknologi   komunikasi menekankan  pada  penggunaan  perangkat
teknologi   elektronika   yang   lebih   menekankan   pada   aspek   ketercapaian   tujuan   dalam
proses komunikasi, sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi
harus   memenuhi   kriteria   komunikasi   yang   efektif.   Sebagai   contoh   salah   satu   aplikasi
Teknologi   Informasi   dan   Komunikasi   adalah   videoconference,   yang   menggunakan
teknologi   informasi   untuk   menghubungkan  (networking)  antar   clien   dengan   fasilitas
internet,   pesan-pesan   yang   disampaikan   oleh   kedua   belah   pihak   diterima,   diolah,
dianalisis   dan   ditrasmisikan,   oleh   teknologi   informasi   sehingga   sampai   pada   masingmasing   pihak   melalui   internet   dengan   jaringan   satelit   atau   kabel.   Peran   teknologi
komunikasi   adalah   mengatur   mekanisme   komunikasi   antar   kedua   belah   pihak   dengan
cara   desain   komunikasi   yang   sesuai,   visualisasi   jelas,   pesan   teks,   suara,   video
memenuhi standar komunikasi, pengaturan feed back sehingga komunikasi berlangsung
menjadi dua arah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nikychoy Synyster Blog Copyright © 2011 - |- Template created by Niky Choy